Saturday, August 8, 2009

Memilih Blog Platform

Ngeblog adalah salah satu kegemaran yang sedang trend di internet. Hal ini memungkinkan kita untuk mendiskusikan topik2 tertentu yang sedang hot2nya, seperti politik, makanan, berita2 terbaru dan topik2 lain yang sedang kita pikirkan. Berbagai hal kemungkinan dapat dijadikan topik, kita dapat mendiskusikan sekitar hobi kita, minat kita atau hal-hal lain yang kita minati.

Kita dapat membuat blog dengan menggunakan blog hosting atau menggunakan blogging software. Membuat halaman blog jauh lebih mudah daripada membuat website konvensional. Blog mempunyai beragam keistimewaan sehingga siapapun dapat membuat blog sekalipun ia tidak mempunyai pengetahuan sedikitpun tentang html atau format lain yang digunakan untuk menciptakan website.

Kita dengan mudah dapat memposting suatu topik di blog kita dan juga mudah di update. Ini adalah ciri khas blog yang terdiri dari: Judul atau berita utama dari artikel kita, induk atau isi utama dari artikel kita, kotak pesan untuk komentar pembaca, link atau URL dari artikel tersebut, dan tanggal posting. Kita juga dapat menambahkan kategori untuk subyek yang kita diskusikan, dan link ke website lain yang mengacu pada artikel kita tersebut.

Kita dapat juga membuat blog dalam format jurnal di mana kita dapat menyimpan aktivitas pribadi kita sehari-hari di internet. Dan kita dapat membatasi siapa saja yang dapat membaca blog kita dengan memberikan registrasi berupa username dan password kepada pembaca kita.

Sebuah blog dapat juga digunakan untuk mencari profit dengan bergabung ke program2 affiliate, seperti amazon.com, share a sale, atau program PPC Adsense di dalam blog kita, untuk pengguna blogger, program adsense sudah terintegrasi di dalam layoutnya (monetize), jika kita sudah bergabung dengan program adsense, kita bisa langsung pasang iklan mereka di blog kita.

Kita dapat membuat dan memelihara blog kita dengan menggunakan sistem yang berbeda. Ada banyak software yang tersedia untuk membantu kita dalam membuat, memelihara dan menghapus blog kita. Software2 ini pada umumnya sangat mudah digunakan dan bagi mereka yang mempunyai sedikit pengetahuan tentang html atau tidak sama sekalipun dapat dengan mudah membuat blog sendiri dengan menggunakan software2 tersebut. Apapun jenis blog yang ingin kita buat, kita harus memastikan jika blogging software yang kita pilih dapat memudahkan kita buat ngeblog.

Memaintain blog kita juga penting agar para pembaca blog kita setia dan tertarik untuk selalu kembali mengunjungi blog kita. Ada software yang sudah dilengkapi dengan feature yang memudahkan kita dalam meng-up date dan memaintain blog kita.
Ketika memilih software buat ngeblog, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan agar software tsb mampu mengoptimalkan blog kita. Ini adalah beberapa feature yang perlu kita dapatkan didalam software tsb.:

  • Ping Updates

Feature ini sangat penting di dalam blogging software. Feature ini memperkenankan kita untuk meng-up date blog kita dan menjaga agar pembaca kita tetap senang. Kita harus ingat bahwa feature ini harus sudah termasuk didalam software yang kita pilih.

  • Komentar

Box komentar harus tercakup di software kita. Feature ini menjaga agar para pembaca kita senang karena mereka dapat memberikan komentar untuk turut berpartisipasi didalam berdiskusi pada sebuah topik. Disinilah tempat mereka untuk mempostingkan usul dan komentar mengenai artikel kita.

  • Web-based

Ini sudah sangat jelas. kita membuat blog untuk dibaca oleh yang lain di internet. Kita mau dengan blogging software, kita dapat membuat blog kita secara instant dan tersedia up date secara on line.

  • Kategori

Feature lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan untuk membuat kategori diblog kita. Feature ini mengijinkan kita untuk mengorganisir blog kita dan memudahkan pembaca untuk menemukan topik2 tertentu yang baru-baru ini di-up date.


Semua ini adalah sebagian dari hal-hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih blogging software. Pastikan untuk memilih yang telah mempunyai feature2 ini untuk memudahkan kita dalam ngeblog.

No comments:

Post a Comment

Thanks gan! Dah mampir ke blog gue...!