Sunday, June 28, 2009

Blogging dengan Blogger

Blogger adalah satu dari sekian pilihan yang tersedia untuk blogger yang sedang mencari software gratisan untuk ngeblog. Alamat lokasi website ini adalah http://www.blogger.com yang menawarkan kesempatan kepada para membernya untuk menerbitkan blog mereka sendiri dengan gratis. Website ini juga menyediakan template yang dapat digunakan oleh kita untuk ngeblog dan bahkan memungkinkan kita untuk dapat menempatkan iklan Google pada blog kita dan dikoordinasikan dengan account Adsense kita sehingga kita berpotensi untuk mendapatkan profit dari blog kita. Tulisan ini akan membicarakan sekilas sejarah Blogger sebagai salah satu penyedia jasa layanan blogging yang bagus.

Sejarah Blogger

Berdiri pada tahun 1999 yang diprakarsi oleh sekelompok kecil orang2 yang menjalankan bisnis mereka, Pyra Labs di San Francisco yang mana mereka semua berteman. Mereka ini tidak mensetting untuk menciptakan suatu jaringan untuk para bloggers namun meskipun demikian keberadaan Blogger muncul dari usaha mereka. Tiga orang dari mereka yang mengembangkan Blogger adalah para programmer yang selalu bekerja keras untuk menjalankan usaha mereka sendiri. Saat itu membuat jaringan blog bukanlah tujuan nyata mereka tetapi teman2 mereka yang lain memberikan sebuah gagasan untuk menciptakannya dan pada akhirnya banyak pengunjung yang tertarik akan konsep mereka ini sehingga mereka mulai bergabung dan hari demi hari semakin bertambah juga pengunjung Blogger ini begitu juga yang bergabungnya. Meskipun pada periode ini kebanyakan para online business mengalami kemerosotan, tapi para pendiri Blogger ini tetap bertahan dalam mengembangkan Blogger mereka.

Di tahun 2002 Blogger sedang dalam proforma terbaik mereka dan mereka dikejutkan ketika tanpa diduga pihak Google berminat akan membeli Pyra Labs. Google tertarik pada member komunitas blogging Pyra Labs dan akhirnya para anggota Pyra Labs memutuskan menjualnya kepada Google untuk mengambil alih pengoperasian jaringan blogger mereka. Sejak diambil alih oleh Google, kemudian Google memperkenalkan konsep Adsense keapda para pengguna blogger untuk menayangkan iklannya pada blog mereka, sebuah konsep yang saling menguntungkan baik untuk Google dan para blogger itu sendiri. Blogger tidak hanya menyediakan template2 untuk menciptakan sebuah blog dan mempublikasikan opini2/artikel2 para anggotanya pada Internet tetapi juga blogger menyederhanakan proses penempatan iklan2 Adsense pada blog mereka.

Syarat dan Kondisi Layanan Blogger

Syarat dan Kondisi Layanan Blogger cukup sering mengalami perubahan tetapi ada beberapa syarat dan kondisi utama yang masih dapat digunakan para membernya. Syarat dan Kondisi layanan Blogger menyediakan penjelasan tentang isi materi seperti jasa penawaran, uraian ttg penggunaan yang menyangkut dengan jasa, kebijakan privacy, penjelasan ttg hak milik intelektual, penyebab dari pemblokiran blog dan informasi mengenai hukum atau undang-undang tentang seputar website. Semua member Blogger diperingatkan untuk berhati-hati dalam memahami kebijakan ini sebelum menjadi member dan benar-benar memastikan kalau kita semua memahami dan menyetujui semua syarat dan kondisi yang berlaku ini. Dan jika ada yang belum yakin mengerti atas syarat dan kondisi yang berlaku ini, maka kita perlu menghubungi pihak Blogger untuk mencari klarifikasi pada syarat dan kondisi tersebut.

Semua member Blogger perlu meninjau ulang syarat dan kondisi ini secara periodik untuk memastikan ada atau tidak ada perubahan pada syarat dan kondisinya, karena apabila ada perubahan yang cukup signifikan pada syarat dan kondisi ini tanpa kita ketahui maka akan berdampak kurang baik pada kita sebagai membernya.

Para member Blogger perlu memberikan perhatian khusus pada bagian syarat dan kondisi yang menetapkan sebab-sebab diberhentikannya sebagai member. Informasi ini sangat penting sebab hal ini akan membantu kita sebagai membernya untuk mencegah tindakan kita dari hal-hal yang mengakibatkan kita diberhentikan menjadi member atau member kita diblokir. Blogger tidak perlu untuk menginformasikan kepada para membernya atas penghentian atau pemblokiran tersebut yang disebabkan pelanggaran kita atas syarat dan kondisi yang berlaku, karena sebelum menjadi member, kita sudah diperingatkan untuk membaca dan memahami isi dari syarat dan kondisi layanan Blogger yang berlaku tersebut.

No comments:

Post a Comment

Thanks gan! Dah mampir ke blog gue...!