Monday, June 29, 2009

Tips Tentang Ide buat Ngeblog

Pengusaha saja selalu penuh dengan ide-ide besar yang dapat mereka rubah menjadi sebuah bisnis yang spektakuler. Seperti halnya pengusaha, bloggers perlu juga mempunyai ide-ide segar untuk menjaga agar blog mereka tidak bosan didatangi para pengunjung dan pembaca setia mereka dari waktu ke waktu. Jika blog kita sudah tidak menarik lagi dan selalu kehabisan ide, maka kita harus bersiap-siap akan segera kehilangan pembaca kita.

Ngeblogging oleh sebagian besar masyarakat dijadikan sebagai aktivitas yang menyenangkan. Melalui posting2 diblog kita, maka kita tetap dapat menjaga hobby dan kegemaran kita. Sekarang, kita dapat membuat blog untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak ragam peluang yang bisa kita dapatkan untuk memperoleh penghasilan yang dapat kita cari melalui internet dan paid blogging adalah salah satu dari mereka.

Bagaimanapun, jika kita ingin mencari uang dari blogging, maka kita harus mempunyai dedikasi yang kuat dan kerja keras. Karena jika suatu saat kita ga mood buat nulis blog maka kita harus mampu menekan perasaan tersebut dan tetap ngeblog secara teratur. Kita juga harus menjaga ritme ngeblog kita sehingga kita dapat membuat posting mingguan. Kita harus tahu bagaimana cara mengorganisir dan juga harus mempunyai disiplin pada diri sendiri.

Sebagai blogger, kita harus pandai mengatur segalanya. Kita harus menjadwalkan semua tugas2 kita sedemikian rupa sehingga kita mempunyai waktu luang untuk menulis artikel. Postingan kita juga perlu mempunyai jadwal yang pasti. Selain itu kita juga harus menyediakan waktu luang yang berbeda untuk dapat membaca blog2 lain dan memberi komentar pada mereka, dan yang paling penting, kita harus senantiasa membuat riset untuk ide-ide baru kita.

Apapun ide baru kita, bisa muncul kapan saja bahkan ketika kita tidak sedang memikirkannya. Maka dari itu lebih baik jika kita selalu membawa agenda/catatan dan pena bersama kita, kemana saja kita pergi. Buatlah catatan saat ide datang sehingga kita tidak akan melupakannya. Dengan membuat catatan, maka kita dapat membuat jadwal buat semua tulisan untuk postingan kita, tepat waktu. Jika hobby kamu adalah membaca, maka kamu dapat mengetahui hal-hal yang terbaru yang terjadi didunia. Salah satu ide buat ngeblog yang bagus adalah tentang isu di dalam masyarakat. Dengan membaca surat kabar, majalah, dan buku-buku lainnya, maka kamu akan selalu mempunyai informasi yang up to date apa yang terjadi di negara-negara lain.

Selain ide itu diatas, kita juga dapat menulis tentang pengalaman pribadi kita. Dan kenyataannya, banyak blogger ingin berbagi pengalaman pribadi mereka kepada masyarakat luas dan dengan demikian mereka membuat blog. Beberapa individu memfokuskan pada binatang2 kesayangannya saat dibelai.

Kita bisa lihat, isi blog dapat tentang apapun. Tak ada seorangpun yang akan memberitahu kita apakah kita benar atau salah. Tetapi blog yang efektif akan selalu menarik lebih banyak pengunjung dan pembacanya.

Kita harus senantiasa mampu membuat ide2 baru pada blog kita setiap saat dan kemudian. Karena hal ini dapat mencegah hal2 yang membosankan pada blog kita dan kita juga dapat menjaga pengunjung kita untuk tetap tertarik pada blog kita. Dengan membuat suatu riset, kita akan mengetahui lebih banyak tentang ide2 untuk blog kita, yang mana orang lain pasti juga suka membacanya. Kita dapat mengecek semua ide2 tersebut dan memilih satu yang kita juga tertarik padanya. Jangan menulis blog yang kita juga tidak tertarik pada isinya karena itu akan terlihat di dalam blog kita.

Latih pikiran kita. Selalu luangkan cukup waktu untuk membaca dan membuat riset sehingga ide2 baru akan datang ke dalam pikiran kita. Jangan pernah berpikir untuk mengcopy ide dari blogger-blogger lain sebab dimata mereka, kita akan kehilangan kepercayaan dan confidence kita.

Ide2 pada blog kita sebaiknya datang dari diri kita sendiri sehingga kita dapat melanjutkan bisnis seperti ini. Kita juga dapat lebih sukses di masa-masa mendatang dan meraup keuntungan yang besar melalui paid blogging.

1 comment:

  1. oh begitu. thx atas tulisannya. soalnya saya baru di dunia bloging...

    ReplyDelete

Thanks gan! Dah mampir ke blog gue...!