Tuesday, June 16, 2009

Blogging untuk kesenangan pribadi

Walaupun blogging dapat digunakan untuk berbagai tujuan antara lain seperti mencari pendapatan, promosi produk dan menyediakan informasi, masih ada banyak blogger yang menikmati ngeblogging karena hal ini menyenangkan. Para blogger benar2 menikmati ngeblogging baik untuk mencari teman, menjaga tali silaturahmi dengan tetap berhubungan, mengekspresikan diri atau membuat catatan suatu peristiwa penting.

Blogging untuk Berteman

Tetap saling berhubungan dengan teman2 dan anggota keluarga adalah salah satu dari sekian orang yg mempertimbangkan untuk memulai ngeblog. Ini terutama bermanfaat bagi mereka yang jauh dari teman2 mereka atau keluarga mereka. Di dalam berhubungan melalui telephone, berkunjung dan bahkan email tidaklah selalu gampang. Ini disebabkan susahnya untuk berhubungan ke beberapa orang yang berbeda dengan sekaligus. Bagaimanapun, dengan mengelola blog seseorang dengan proses sangat sederhana dalam menjaga hubungan dengan teman2 dan keluarga sebab mereka tidak perlu untuk mengulang-ulang informasi di telepon atau email atau ngebut untuk mengunjungi beberapa orang yang berbeda.

Ketika mengelola blog, kita dapat menempatkan berbagai informasi dan foto. Melalui informasi dan foto, blogger dapat menyimpan dan menginformasikan ke teman dan keluarga kita tentang suatu peristiwa yang up to date yang terjadi pada diri kita. Teman2 kita dan keluarga dapat melihat blog kita terkait pada peristiwa2 penting tersebut dan dapat memberikan komentarnya kepada kita. Mereka dapat juga membaca komentar dari orang2 lain juga. Hal ini cukup menguntungkan karena melalui blog kita, mereka jadi kenal satu sama lainnya bahkan mereka juga mempunyai kesempatan untuk saling berkomunikasi melalui komentar2 dari blog kita tsb.

Blogging sebagai Sarana Ungkapan

Beberapa bloggers ngeblogging sebagai sarana pengungkapan perasaan mereka. Mereka membuat content dengan puisi, nyanyian, cerita pendek atau peristiwa politik atau peristiwa pribadi. Dalam hal ini bloggers dapat menyimpan blog pribadi mereka sebagai catatan pribadi atau dapat dibagikan untuk masyarakat. Mengelola blog pribadi seperti mempunyai buku catatan harian atau diary pribadi atau jurnal pribadi. Dengan begitu para blogger dapat mengekspresikan perasaannya tanpa resiko dari pembaca untuk menemukan perasaan yang sebenarnya, frustrasi atau mimpi paling dalam. Lain halnya jika bloggers memilih untuk mempublikasikan blognya ini. Berbagi dengan orang lain atau pembaca dan mengijinkan mereka untuk mengundang yang lainnya mungkin dapat menimbulkan minat yang sama kepada sesama blogger.

Bloggers yang menggunakan blog mereka sebagai ungkapan pribadi boleh berhati-hati dan mempertimbangkan keputusannya kembali sebelum mempublikasikannya. Ini adalah penting sebab pemilik blog tidak melihat permasalahan dengan diijikannya orang lain untuk melihat pemikiran pribadinya. Bagaimanapun, dari waktu ke waktu blogger mampu menyadari mana dari blognya yg bisa menyerang orang lain atau bisa mengakibatkan permasalahan jika teman2nya atau keluarganya membaca blognya itu.

Blogging untuk Suatu Mengabadikan Suatu Peristiwa

Alasan Umum yang lain untuk ngeblogging adalah mengabadikan suatu peristiwa penting. Contoh beberapa bentuk peristiwa penting yang biasa para blogger mendokumentasikannya misalnya kehamilan, perkawinan, liburan, peristiwa olahraga dan lain sebagainya. Pengunaan blog untuk mengabadikan suatu peristiwa penting ini dapat memberikan blogger kesempatan untuk merekam peristiwa sehari-hari dan menyimpannya di satu lokasi dengan begitu mereka dapat melihat ulang kembali pada blog mereka tsb. atau sharing dengan orang lain yang mana boleh jadi akan tertarik pada peristiwa tsb. pada kasus ini blog dapat bertindak sebagai suatu buku dokumentasi peristiwa ketika terjadi. Pemilik blog dapat memposkan setiap saat kapan ia menginginkan dan boleh menautkan tautan seperti foto, musik, video dan file audio ke dalam blog tsb. Blog dapat juga dirancang untuk disesuaikan dengan peristiwa yang sedang didokumentasikannya. Sebagai contoh suatu jurnal melukiskan suatu liburan mungkin punya latar belakang, warna dan template yg mewakili tempat liburan atau tentang kehamilan maka blog tsb. boleh menempatkan tautan-tauan yang sesuai dengan latar belakang tentang kehamilan, seperti bayi dan menjadi orang tua.

No comments:

Post a Comment

Thanks gan! Dah mampir ke blog gue...!