Sunday, June 14, 2009

Yuk Belajar Ngeblog

Ada beberapa perbedaan pada blogger antara memulai ngeblog dgn mengelola suatu blog yg sudah jadi. Sebagian dari perbedaan2 ini adalah pada blog yg hanya bertujuan untuk mencari pendapatan/keuntungan dgn mempromosikan suatu hal/produk/affiliasi, untuk menyediakan informasi yg bermanfaat atau hanya untuk sekedar berhubungan dengan teman2 atau keluarganya. Meskipun alasan2 tsb berbeda-beda, tapi para blogger perlu waktu banget buat belajar cara2 ngeblog hingga pengalaman dalam ngeblognya meningkat. Hal ini akan sangat membantu mengarahkan blognya mencapai sasaran yg sesuai dgn harapannya dan juga tentunya akan sangat membantu para blogger dalam mencegah dari kesalahan yang mana dapat merugikan pada blognya tsb. Dalam tulisan ini juga akan dibicarakan tentang bagaimana membuat blog yg sukses, serta menggunakan Internet untuk membuat riset mencari tema yg pas buat blog kita. Disini juga akan dijelaskan arti pentingnya mempromosikan blog secara singkat.

Mempelajari Blog2 yg sudah sukses
Salah satu cara yang paling sederhana untuk para blogger dan blogger2 baru dalam belajar ngeblog adalah dengan mempelajari blog2 yang sudah sukses. Dimana saat kita akan memulai ngeblog atau yg lg mengelola blog dapat belajar dengan mudah hanya dengan membaca dan mempelajari dari blog2 lain yg telah sukses. Para blogger bisa memilih untuk belajar membuat blog yg memfokuskan pada tema yg sama meskipun hal ini tidaklah terlalu penting. Para Blogger jg dapat mempelajari cara2 mengelola blog yg telah sukses dengan mempelajari blog2 lain yg berhubungan dengan tema2 apa saja. Faktor2 lain seperti gaya penulisan, desain blog, warna dan bentuk huruf juga ikut berperan untuk memberikan kesuksesan dari blog tsb. Di dalam mempelajari blog2 lain, para blogger harus berminat pada aspek2 pada blog2 tsb yang menarik perhatiannya. Ini penting sebab aspek2 ini akan tampil juga pada blog pengunjung lain dan turut memberikan kontribusi mencapai kesuksesan pada blog kita.

Gunakan Internet untuk Mencari Tips2 dalam Ngeblog
Internet adalah sumber daya yang sangat baik dalam mempelajari sebuah tema pada saat blogging. Ada bermacam-macam tips yg berbeda-beda yg berhubungan dengan tema kita. Artikel2 tsb mungkin berisi tips2 untuk memulai, mengelola dan mengoptimalkan suatu blog. Mereka juga mungkin berisi tips2 untuk meningkatkan traffic pengunjung ke blog kita dan menjaga para pengunjung agar tetap tertarik pada blog kita. Para Bloggers sebaiknya mempelajari informasi2 yang tersedia secara online dengan hati-hati dan selalu mempertimbangkan sumber dari informasi tsb. Mempertimbangkan sumber dari sebuah informasi adalah penting sebab dapat membantu kita untuk memastikan informasi tsb dapat dipercaya. Walau bagaimanapun, hal ini mungkin sulit karena tidak semua sumber informasi tersedia di Internet.

Pilihan lain untuk memastikan kebenaran informasi yang tersedia pada internet tsb adalah dgn menggunakan sumber lain untuk mengkonfirmasikan informasi tsb. Ini artinya para blogger saat menemukan satu artikel yang menyediakan beberapa tips untuk menjadikan blognya sukses, harus masih mencari informasi online lainnya yang berkolaborasi pada artikel yang aslinya. Ini boleh jadi nampak berlebihan tetapi hal tsb dapat membantu mencegah para blogger menerima informasi yang salah.

Mempromosikan suatu Blog adalah Penting
Akhirnya, para blogger haruslah memahami pentingnya promosi suatu blog dan haruslah selalu mencari metoda yg tepat untuk mempromosikan blog mereka sendiri. Promosi suatu blog adalah sangat penting sebab dengan berpromosi maka suatu blog akan memperoleh pengunjung. Di dalam banyak kasus, meningkatnya pengunjung pada blog adalah sangat penting demi kesuksesan blog tsb. Kecuali kalau blog2 kita dikelola hanya semata-mata untuk penggunaan pribadi, seperti halnya blog yang dikelola untuk kepentingan seputar lingkungan teman2 sendiri dan anggota keluarga sendiri. Blog2 dengan tema lain dapat memperoleh keuntungan dari meningkatnya lalu lintas pengunjung.

Para Bloggers dapat mempelajari cara2 bagaimana sukses mempromosikan blog dengan pertimbangan sejauh mana mereka mempelajari hal2 tentang blog yang sering mereka cari. Hal ini sangat signifikan sebab para pengguna internet yang gemar membaca blog mungkin mempunyai metoda yang sama dalam mencari blog2 ini. Sebagai contoh pembaca blog akan mempelajari sebuah blog yg menarik perhatiannya dan akan meninggalkan pesan pada blog tsb dgn pertimbangan bahwa didalam pesan yang ditinggalkannya itu akan berkaitan dengan blog miliknya sebagai metoda promosi blognya.

No comments:

Post a Comment

Thanks gan! Dah mampir ke blog gue...!